Pinang dan Masyarakat Papua, Dua Sisi yang Tak Terpisahkan

Salah seorang Mama Papua sedang mengatur tumpukan pinang yang dijualnya di Waena, Jayapura
  
HarianPapua.com – Di Papua, ada satu tradisi budaya yang terus bertahan selama bertahun-tahun hingga saat ini yaitu mengunyah pinang atau makan pinang.

Mulai dari orang tua, anak muda, hingga usia remaja pun banyak yang rutin mengunyah pinang. Tradisi ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan, jika dulunya mengunyah pinang hanya merupakan budaya beberapa suku di Papua, sekarang tradisi ini bisa dibilang sudah menjadi milik semua orang Papua.

Mengunyah pinang dilakukan dengan dimakan bersama batang sirih dan bubuk kapur. Oleh sebagian orang tua, kebiasaan ini dipercaya dapat menguatkan gigi dan gusi karena pinang terus dikunyah selama beberapa menit sebelum akhirnya dibuang.

Selain untuk gigi, dalam kehidupan sosial memakan pinang juga dijadikan simbol untuk mempererat tali persaudaraan. Biasanya jika orang Papua sedang berkumpul bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja di waktu-waktu senggang, memakan pinang bersama sambil ngobrol santai adalah hal sederhana yang sangat menyenangkan.

Pinang dan masyarakat Papua memang sudah seperti dua sisi mata uang yang sulit untuk dipisahkan. Sebagai kebiasaan yang secara rutin terus dilakukan, pinang tak ketinggalan memberikan pengaruh terhadap perekonomian masyarakat lokal Papua.

Hampir di setiap pinggiran jalan raya seperti di Jayapura, Sentani, Biak, Manokwari, hingga Merauke dan daerah-daerah lainnya, sangat mudah untuk menemukan meja-meja kecil yang di atasnya terdapat tumpukan-tumpukan pinang yang dijual kepada masyarakat.

Kebutuhan yang tinggi akan konsumsi buah pinang memberikan peluang masyarakat lokal meningkatkan taraf hidupnya lewat berjualan pinang. Meski pada kenyataanya, omset pinang yang terbilang cukup baik ini juga disadari oleh para pendatang. Jadi jangan heran kalau kita juga sering menjumpai penjual pinang yang berasal dari orang pendatang di Papua.(hevby conom lanny) 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts